Panduan Riset Keyword Sampai Menulis Artikel Di Page One

Panduan Riset Keyword Sampai Menulis Artikel Di Page One


Keyword merupakan faktor penting di dalam suatu konten, Riset keyword akan sangat berguna bagi artikel kamu agar bisa menjadi yang ter atas sehingga banyak visitor yang berkunjung.

Apakah riset keyword sangatlah penting? tentu penting bila kamu mau blog kamu menjadi yang ter atas dan mendapat banyak pengunjung , tapi sebenarnya banyak faktor lain yang menunjang ranking pada google yaitu:

1.Kepemilikan Domain

Apa maksudnya kepemilikan domain ini? Dalam mengurutkan rankingnya , google tentunya harus menaruh kepercayaan penuh kepada blog tersebut, misalnya siapa penyedia hostingnya, domainnya , servernya dan sebagainya. dan bukan hanya kepemilikan domain saja , umur domain juga menjadi salah satu faktor tinggi rendahnya peringkat di google, blog yang lebih tua biasanya akan berada di rangking yang lebih tinggi , karena google akan menaruh kepercayaan lebih kepada yang lebih berpengalaman (diambil dari umur blognya).


2.External Link & Internal Link

External link & internal link yang saya maksud disini adalah banyaknya link keluar blog dan link kedalam blog di artikel kamu, contohnya gini, Misalkan kamu membuat artikel tentang kesehatan tentunya kamu harus menaruh sumber referensi yang kamu ambil dan menaruhnya di blog kamu dan itu yang dinamakan External link, sedangkan internal link adalah link ke artikel lain di blog yang sama yang kamu taruh di artikel kamu , Contohnya ada di artikel ini yaitu pada kata pertama di artikel ini yaitu "Keyword" yang saya beri link kehalaman lain di blog ini juga dan itu yang dinamakan internal link.


3.Waktu Lamanya Pengunjung Di Blog

Bila kamu menggunakan Google Analytic kamu bisa melihat berapa waktu yang dihabiskan pengunjung di blog kamu. Dari faktor waktu pengunjung berada di blog kita, google akan mengetahui bahwa artikel tersebut berfaedah atau bagus dan ranking yang didapat bisa naik.
Sebenarnya banyak blog yang membuat artikel lebih dari 300 kata , dengan maksud agar si pembaca lebih lama membaca artikelnya dan menjadi betah, bukan untuk menambah-nambah kata secara asal.

4.Jumlah Pengunjung

Jumlah pengunjung juga menjadi faktor utama, jumlah pengunjung yang saya maksud disini akan saya beri contoh, misalkan
Artikel A
300 Kata
100 Pengunjung
1 Menit Visitor Di Blog

Artikel B
200 Kata
200 Pengunjung
3 Menit Visitor Di Blog

Menurut kamu mana yang seharusnya berada di ranking 1?
Tentunya yang B karena walaupun jumlah katanya lebih sedikit, tetapi artikel di baca lebih lama berarti informasi yang disampaikan lebih ber bobot ketimbang Artikel A.


Apakah Jumlah Kata Artikel Yang Berada Di Ranking 1 Harus Lebih Banyak Di Banding Artikel Di Ranking 2?


Tentu tidak, kenapa saya bilang begitu? contohnya seperti ini.

Bila ada kata kunci "Apa Artinya SEO"

Tentunya si pembaca ingin mengetahui SEO , dan bila artikel A terdiri dari 200 kata dan menjelaskan SEO , sedangkan Artikel B terdiri dari 600 kata dan menjelaskan artikel SEO sekaligus trik SEO, mana menurut kamu yang berada di ranking 1?

Tentu Si A , karena si pengunjung ingin mencari "Apa Artinya SEO" bukanlah yang lain, bila sang pengunjung memang tertarik dan ingin mengetahui trik , dia akan mencari lagi di google. tergantung dari sifat dan keinginan si pengunjung juga.


Cukup ulasan sedikit mengenai SEO, Berikut ini Panduan Riset Keyword:


1.Tentukan Keyword Yang Sesuai Dengan Topik

Keyword yang sesuai dengan topik atau niche blog akan lebih berpotensi berada di peringkat 1 ketimbang blog yang isinya gado-gado atau campur campur topiknya.

Misalkan blog kamu ialah tentang Pendidikan maka kamu sebaiknya mencari keyword seperti "Rumus Persegi Panjang" dan sebagainya.

2.Pilih Tingkat Persaingan Yang Rendah

Disini saya menggunakan extension google chrome yaitu Moz , dengan moz kamu bisa melihat skor dari DA dan PA pada blog yang akan menjadi saingan kamu, seperti ini contohnya:


Terdapat skor PA dan DA yang ada di masing masing blog.

PA ADALAH

Banyaknya dan tinggi rendahnya kualitas external link dan internal link yang ada pada artikel tersebut.

DA ADALAH

Tinggi rendahnya kualitas Domain tersebut di google, di tentukan dari jumlah backlink , penyedia domain, umur domain , dan sebagainya.


Bila kamu melihat PA dan DA yang tinggi , dan blog kamu merupakan blog baru, jangan coba-coba bersaing dengan keyword tersebut , karena artikel kamu hanya akan tenggelam.

3.Hindari Keyword Berikut

Kamu wajib menghindari keyword-keyword seperti ini:

Misalkan keywordnya ialah "login facebook" , biasanya keyword seperti ini tingkat competitionnya rendah, tetapi jangan kamu coba-coba untuk menggunakan keyword ini , karena tujuan si pengguna keyword hanyalah ingin login ke facebook bukan untuk mencari artikel.
sama dengan keyword lain seperti menyebutkan suatu brand semisal "Tokopedia" tentunya si pencari ingin mencari Tokopedia dan menggunakan google sebagai lalu lintas pengantarnya ke tokopedia.

4.Memulai Riset

Untuk memulai riset saya sarankan menggunakan google keyword planner atau Keyword Revealer , dan disini saya akan menggunakan extension chrome yaitu Moz dan juga google.

Saya mencoba untuk mengetest keyword "widget untuk blog keren" dan seperti yang terlihat, DA dan PA yang ada pada blog di sana tidak terlalu tinggi yaitu sekitar 20 an, dan disini saya akan memanfaatkan longtail keyword sebagai cara untuk mendapatkan page one.


Buka notepad dan catat penulusuran terkait yang cocok untuk keyword utama, karena keyword utama saya disini "widget untuk blog keren" saya akan mencatat

  • Macam - macam widget untk blog
  • kumpulan kalender untuk blog
Setelah itu kita masuk ke blog dan membuat artikel.

Untuk memunculkan ide keyword, kamu bisa menulis beberapa kata seperti "Menulis Artikel" dan di bawah yaitu pencarian terkait akan terdapat cabang cabang yang bisa kamu jadikan referensi keyword. Untuk lebih lengkap dengan gambar kamu bisa melihatnya di 

5.Menulis Artikel Page One

Setelah mendapatkan keywordnya sekarang kamu tinggal menulis artikelnya, cara menulis artikelnya adalah kamu harus memberi kan keyword yang di incar di dalam judul, url dan deskripsi , caranya seperti ini.





Seperti yang terlihat saya meletakan keyword pada deskripsi, judul , url dan pembuka blog. sebenarnya cara ini sudah cukup untuk masuk ke dalam page one google tetapi artikel kamu tidak akan berkualitas tanpa isinya.

Setelah itu kamu tinggal mengisi artikelnya sampai sekitar 300 kata lebih agar pembaca membaca artikel kamu dengan waktu yang lama.

Setelah menulis artikel sampai selesai jangan lupa untuk mensubmitnya di google agar bisa langsung ter index.
Menulis artikel memang kadang membosankan , kamu bisa membaca artikel saya yaitu Tips Atasi Malas Dan Bosan Menulis Artikel


Satu tips terakhir dari saya yaitu "Gunakan Referensi"

Seperti contohnya ini, coba kamu cek Google Search : Blogwalking Aman apakah kamu melihat artikel saya dari zf-blogger yang berada di halaman pertama? entah itu ranking 1/2/3 atau seterusnya, kamu bisa membaca artikel itu dan memahami apa yang membuatnya berada di halaman pertama.


Demikian Panduan Riset Keyword Sampai Menulis Artikel Di Page One maaf karena panduan yang saya berikan kurang lengkap , tetapi setelah ini saya akan membuat lanjutannya agar menutupi kekurangan artikel ini.

Terima Kasih Telah Membaca Arikel Di ZF-Blogger.

30 Comments

Detail ilmunya gan tentang da pa ane belum sampe ke situu...pantesan artikel ane gak nongol2 di page one

Wih .. lengkap, syukrn gan, sangat bermanfaat, semoga bisa cepet page one artikel ane.

Kebetulan saya baru dalam dunia blogging, dan ingin sekali menginjakkan kaki di page one.. Saya harap dengan saya baca serta saya bookmark artikel, dapat terwujud keinginan saya tersebut. Salam blogger.

Betuk banget mas, jadi bukab tergantung banyak kata. Tetapi pada topik yang dibicarakan.

Iya gan , bahkan artikel saya aja sulit untuk masuk page one karena domain masih baru ;-(

Amin Gann , Terima Kasih Telah Berkunjung (o)

:) Wih terima kasih gan. Salam Blogger (y)

Iya gan karena kalau cuma panjang artikel tapi tidak berbobot sama aja kayak tong kosong nyaring bunyinya hihi

Makasih gan, Jadi lebih paham tentang keyword

Saya kalau nulis artikel jarang sekali riset keyword kayak ini, coba ah kayaknya seru.

Sama-sama gan, soalnya keyword paling penting untuk persaingan blog (y)

banyak juga ya yang harus di perhatikan untuk membuat artikel kita di page one

Wajib di coba mas, setelah itu coba bandingin sama artikel tanpa riset keyword 8-)

Iya , soalnya page one menampilkan artikel yang terbaik diantara yang terbaik :D

Gan masih belum mengerti tentang PA dan DA,apa itu mempengaruhi secara spesifik tentang page one?

PA itu mempengaruh skor dari artikel kamu, Sko PA bisa tingga bila banyak yang menaruh link artikel tersebut di blog lain dan juga banyak link di dalam artikel tersebut.

Sedangkan Skor DA bisa tinggi bila umur domain sudah lama dan penyedia domain nya terpercaya

Ininih yang gw cari, sngt bermanfaat! makasih gan infonya

Thank infonya. :) Akhirnya nemu artikel yang ngebahas SEO secara detail dan mudah dipahami.

Nice kunjungi juga blog saya www.mylkita.blogspot.com

Kalau terfokus di keyword google tetap bisa page one nggak min ya, cz ngambil keyword yang sudah di tentukan google sebelumnya... mohon dijawab min hihi

This comment has been removed by the author.

Bisa asal memenuhi cek http://www.zf-blogger.com/2017/10/faktor-page-one.html

Mantap nih panduannya, bisa nih diterapkan untuk blog baru saya.

Ini wajib di coba nih tips dan triknya, biar blog saya juga bisa berada di page one. Makasih bang atas tips dan triknya.

Postingan macam apa ini..
Bookmark ah :v

Nice Info mantap

Malu Bertanya, Sesat Di Jalan :)
EmoticonEmoticon